Jumat, 19 Maret 2021

Tips Memilih Produk Asuransi Unit Link


Keberadaan asuransi unit link sebenarnya sudah cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang menaruh minat besar untuk memiliki produk asuransi ini karena beragam keuntungan yang bisa didapatkan. Sebab, sebagian besar masyarakat Indonesia sangat senang dengan adanya kemungkinan mendapatkan imbal balik yang banyak dari investasi unit link. Untuk itulah, produk pertanggungan ini banyak diminati. Nah, jika Anda juga tertarik untuk segera memiliki produk ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat memilihnya, yaitu:

1. Memilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Hal yang paling utama dan penting Anda lakukan adalah memilih perusahaan asuransi yang kredibel. Anda harus memastikan bahwa perusahaan tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas semua lembaga-lembaga keuangan—termasuk pasar modal dan asuransi—di Indonesia. Sebab, inilah jaminan uang Anda berada di pihak yang tepat.

2. Mengambil Manfaat yang Sesuai

Tips kedua adalah Anda perlu melakukan perhitungan pada Uang Pertanggungan (UP) perlindungan jiwa dengan mempertimbangkan nilai ekonomisnya, serta jumlah tanggungan dan jumlah utang yang Anda miliki. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghitung UP tersebut. Salah satunya dengan cara UP = 10 × Pendapatan Tahunan. Selain itu, penting juga untuk mendukungnya dengan asuransi tambahan yang disesuaikan dengan kebutuhan.

3. Mengecek Performa Instrumen Investasi Unit Link

Setiap instrumen investasi tentu punya risiko tersendiri, mulai dari yang rendah, sedang, hingga tinggi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan pengecekan performa instrumen investasi secara berkala. Selain itu, jangan lupa juga untuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda, ya.

4. Cermati Polis Unit Link

Jika Anda sudah mendapatkan polis unit link, segeralah membacanya secara cermat dan memahaminya. Ketahui apa saja manfaat dan risikonya. Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk memiliki sikap yang aktif dan kritis. Artinya, bila ada poin atau hal yang kiranya tak Anda pahami atau tak sesuai dengan kesepakatan di awal, Anda perlu aktif bertanya pada agen asuransi.

Dengan mengetahui  hal-hal apa saja yang harus diperhatikan, Anda pun bisa menentukan produk mana yang paling sesuai dan menguntungkan untuk Anda.

0 komentar:

Posting Komentar