Minggu, 21 Maret 2021

Ternyata Ini 4 Macam Penyebab Naiknya Asam Lambung


Penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi pada lambung. Dimana penyakit ini akan bisa mengakibatkan kondisi asam lambung naik sehingga dapat melemahkan otot bagian bawah kerongkongan.

Kondisi tersebut disebut juga dengan LES atau Lower esophageal sphincter. Pada keadaan normal biasanya otot les akan mengendur, sehingga bisa membuat makanan masuk ke lambung. Akan tetapi karena otot LES yang lemah, hal tersebut akan membuat kerongkongan tetap terbuka dan membuat asam lambung juga akan naik. Kondisi ini terjadi bisa disebabkan oleh beberapa hal yaitu seperti berikut ini:

1. Obesitas

Penyebab pertama yang bisa membuat seseorang lebih rentan mengalami masalah asam lambung tersebut adalah karena obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini merupakan kondisi yang paling umum membuat asam lambung naik.

Dimana ketika mengalami kelebihan berat badan akan membuat lemak menumpuk di bagian perut, sehingga hal tersebut juga meningkatkan tekanan yang ada di bagian lambung. Beberapa hal tersebut membuat kemungkinan asam lambung yang dapat naik lagi ke kerongkongan dan bisa mengalami beberapa gejala yang dirasakan.

Seperti panas yang dirasakan di ulu hati yang membuat rasa tidak nyaman. Kondisi ini juga akan diperparah apabila penderita obesitas mengenakan pakaian ketat yang akan lebih menekan bagian perut.

2. Makanan dan minuman

Penyebab selanjutnya yang bisa membuat naiknya asam lambung adalah karena makanan dan minuman. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membuat asam lambung mudah naik, yaitu makanan yang tidak sehat seperti gorengan.

Hindari makanan yang tinggi lemak yang bisa membuat keluarnya hormon kolesistokinin yang dapat membuat otot LES menjadi lemah. Selain makanan berlemak, jenis makanan pedas, minuman bersoda, cokelat, kafein, dan juga minuman dengan kandungan alkohol juga dapat membuat penyakit ini kambuh.

Sehingga akan lebih baik untuk menghindari makanan dan minuman yang bisa menyebabkan asam lambung mudah naik.

3. Hernia hiatus

Penyebab lainnya yang menyebabkan asam lambung naik adalah karena hernia hiatus. Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit yang diderita sebelumnya seperti hernia. Ketika mengalami hernia hiatus ini akan membuat otot diafragma bisa memisahkan rongga perut dan dada. 

Sehingga hal tersebut akan membuat kerjanya tidak optimal dan juga bisa membuat asam lambung bisa kembali ke kerongkongan dan membuat nyeri di bagian ulu hati. Bagi Anda yang mempunyai kondisi hernia hiatu bisa untuk memperhatikan hal tersebut, sehingga bisa menghindari agar tidak mudah membuat asam lambung mudah naik.

4. Mengkonsumsi obat tertentu

Hal terakhir yang menjadi penyebab asam lambung bisa naik adalah karena mengkonsumsi obat-obat tertentu. Misalnya bagi yang mengkonsumsi obat pelemas otot, antidepresan trisiklik, pil KB, dan juga obat penurun tekanan darah dalam waktu yang lama.

Berbagai hal tersebut akan membuat resiko yang menyebabkan asam lambung mudah naik. Atau juga bisa memperparah gejala asam lambung yang sudah dipunyai sebelumnya. Sehingga Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu ketika mempunyai asam lambung apabila mengkonsumsi obat-obat tertentu.

Di atas merupakan beberapa hal yang menyebabkan asam lambung naik. Selain itu juga masih ada penyebab lainnya mulai dari kehamilan, merokok, berbaring setelah makan, dan juga mengemil menjelang waktu tidur. Sehingga penting untuk menjaga pola hidup yang sehat agar tidak mudah mengalami penyakit ini. Karena bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman ketika mengalami asam lambung yang naik.

0 komentar:

Posting Komentar