Rabu, 17 Maret 2021

Inilah Langkah Perawatan Audio Mobil Agar Tidak Mudah Rusak


Audio mobil saat ini sudah termasuk barang yang penting harus ada dalam setiap kendaraan. Mengingat fungsinya juga begitu penting sebagai penunjang hiburan. Bahkan jika dilihat sendiri juga mulai bermunculan beragam model terbarunya dengan fiture-fiture tambahan yang menambah kenyamanan ketika sedang berkendara. Biasanya sudah ada mobil memang dibekali dengan audio ini dari pabrikan saat pertama kali membeli. namun tak jarang pula diantaranya yang harus membeli secara terpisah. Sehingga nantinya juga bisa pilah-pilih yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada dasarnya memang mudah untuk menemukan aksesoris kendaraan yang satu ini. Karena di pasaran juga ada begitu banyak yang menjualnya, dengan pilihan merk dan juga spesifikasi. Tentunya untuk tawaran harganya sendiri juga bervariasi, dimana ada yang dibandrol dengan harga murah, namun tak jarang pula yang ditawarkan agak mahal. Apalagi untuk merk-merk yang berasal dari luar negeri atau brand terkenal. Umumnya memang untuk harga jualnya sendiri cenderung lebih mahal dibandingkan dengan brand lokal.

Sebenarnya usia pakai atau tingkat keawetan dari audio ini sendiri dipengaruhi oleh faktor. Tak hanya dilihat dari segi kualitasnya saja. Melainkan yang tidak kalah penting adalah bagaimana pemilik di dalam menggunakan atau melakukan perawatan. Jika seandainya ingin audio pada kendaraan Anda tersebut tahan lebih lama. Maka berikut ini diantara beberapa tips perawatannya, yaitu:

  1. Hendaknya matikan audio tersebut sebelum Anda mematikan mesin kendaraan, hal utama yang hendaknya dilakukan adalah harus rajin dalam mematikannya, sebelum mesin kendaraan juga dimatikan. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan jika seandainya Anda lupa mematikan audio, kemudian mendadak mematikan mesin. Maka secara otomatis audio tersebut akan mendapatkan tegangan yang berasal dari aki kurang stabil. Tentunya akan merusak komponen yang ada didalamnya secara perlahan, karena ketika kendaraan dinyalakan maka mesin audio juga akan nyala kembali. Hal inilah yang membuatnya jadi rentan rusak.
  2. Pastikan memakai CD original, hal lainnya yang tidak kalah penting adalah kualitas CD yang dipakai dalam mendengarkan lagu atau hiburan apapun. Hendaknya jangan asal memilih yang bajakan. Utamakan produk original. Sehingga bisa membuat kinerja optik tersebut menjadi lebih baik. Karena efek pemakaian CD bajakan dalam jangka waktu lama bisa merusak sistem optik yang terdapat dalam audio tersebut.
  3. Menyalakan volume yang tidak melebihi batas, ketika menggunakannya, hendaknya juga harus diperhatikan ukuran volume yang Anda pakai tersebut. Jangan sampai berlebihan melebihi batas yang sudah ditentukan, karena hal ini hanya akan memperberat sistem kerja perangkat audio tersebut. Jika digunakan hingga batas yang terlalu tinggi, maka lama kelamaan sudah pasti akan rusak bukan.
  4. Bersihkan debu dari bagian head unit, hendaknya Anda juga harus menjaga kebersihan audio tersebut, yaitu membersihkan debu yang ada pada head unit, karena debu ini nantinya akan menyumbat dan lama kelamaan juga akan memperberat kinerjanya. Untuk itulah seharusnya dilakukan pembersihan secara teratur, agar kinerjanya juga bisa optimal.

Setidaknya itulah beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan guna menjaga audio mobil tersebut tetap awet atau tahan lama. Jika Anda ingin membeli yang perangkat audio untuk kendaraan ini sebenarnya juga bisa didapatkan secara mudah. Yaitu bisa Anda beli secara online lewat Rumah modifikasi, mereka menjual produk aksesoris kendaraan secara lengkap dengan harga lebih miring.

0 komentar:

Posting Komentar