Senin, 26 Oktober 2020

Ketahui 4 Alasan Klaim Asuransi Ditolak Agar Tidak Melakukan Kesalahan


Melakukan klaim asuransi terkadang bukan hal mudah. Apalagi jika Anda membeli polis asuransi di perusahaan dengan syarat klaim yang ribet dan memusingkan. Oleh sebab itu, lebih aman jika mengetahui lebih dulu ilustrasi klaim sebelum membeli polis asuransi Sequis Life.

Bagi pemegang polis asuransi melakukan klaim menjadi proses yang sangat penting. Kesulitan klaim asuransi seringkali menjadi alasan mengapa orang enggan membeli polis asuransi. Akan tetapi, apabila Anda memiliki pengetahuan pengurusan klaim, maka hal ini tidak sulit sedikit pun.

Alasan Klaim Asuransi Ditolak

Cara agar Anda tidak mengalami masalah saat melakukan klaim asuransi adalah mengetahui apa saja alasan yang memungkinkan klaim ditolak. Berikut ini ada beberapa alasan mengapa klaim asuransi pemegang polis ditolak:

1. Polis Sudah Tidak Aktif

Polis asuransi memiliki masa aktifnya sendiri. Terkadang pemegang polis kurang memahami hal ini sehingga tidak mengetahui dengan baik apakah polis aktif atau tidak. Ada beberapa kondisi yang membuat polis tidak aktif, yaitu pembayaran asuransi jatuh tempo dan asuransi dianggap lapse (bila berbentuk unitlink).

Pembayaran asuransi jatuh tempo biasanya maksimal 45 hari, bila terjadi setelah masa tersebut, asuransi tidak akan bertanggung jawab pada kerugian pemegang polis. Ada kondisi khusus ketika polis dianggap lapse angka biaya asuransi melebihi nilai tunainya. Namun, ini hanya untuk asuransi jenis unit link.

2. Klaim Tidak Masuk dalam Klausul Perjanjian

Sistem asuransi seperti Sequis Life meliputi berbagai kriteria apa yang masuk dan tidak dalam tanggungan asuransi. Misalnya dalam asuransi mobil yang hanya bisa diklaim apabila kerusakan mencapai minimal persentase sesuai klausul perjanjian. Apabila kurang dari itu klaim akan ditolak.

3. Melebihi Waktu yang Ditentukan 

Pihak asuransi seringkali membatasi waktu pengurusan klaim. Ketika pengajuan tidak sesuai waktu yang ditentukan, klaim bisa tertolak secara otomatis. Ada perbedaan waktu klaim di setiap jenis asuransi.

Misalnya, asuransi mobil hanya memiliki batas waktu 3x24 jam, lewat dari itu Anda tak bisa melakukan klaim. Sedangkan asuransi jiwa memiliki rentang waktu cukup lama, yakni 30 hingga 60 hari.

4. Dokumen Tidak Lengkap

Alasan lain klaim tertolak adalah adanya dokumen yang belum lengkap. Dalam persyaratan klaim biasanya disebutkan dokumen apa saja yang harus dilengkapi pemilik polis sebelum mengajukan klaim. Jadi, pastikan setiap dokumen sudah dilengkapi sebelum menyerahkan berkas klaim.

Misalnya, dalam klaim asuransi mobil harus menyertakan surat-surat kendaraan yang masih berlaku atau pada asuransi kesehatan yang harus dilengkapi surat keterangan dokter. Selain itu, biasanya Anda juga harus mengisi formulir pengajuan klaim juga.

Jadi, pastikan dahulu Anda memenuhi semua persyaratan agar alasan penolakan seperti di atas tidak diberikan pihak asuransi untuk menjegal langkah pemegang polis mendapatkan haknya. Sebagai pemegang polis asuransi Sequis Life, Anda harus tahu bagaimana cara melakukan klaim dengan benar agar tidak mengalami penolakan.

0 komentar:

Posting Komentar