Kamis, 08 Oktober 2020

Kenalkan 7 Hal Baik Ini Pada Si Kecil Sejak Dini


Membiasakan si kecil makan sehat akan memberikan manfaat yang baik untuk tumbuh kembangnya. Terlebih lagi di usia dewasa. Anak akan cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang sehat karena kebiasaannya sudah dilatih sejak kecil. Nah, untuk itu, penting sekali untuk mengenalkan kebiasaan baik ini sambari mendampinginya dengan susu formula agar tumbuh kembang lebih optimal. 

Berpetualang Dengan Rasa

Hal terbaik yang perlu dilakukan saat menjadi anak-anak adalah saat berpetualang dengan rasa. Anda bisa melatih dan mendukung si kecil untuk mencoba berbagai rasa dan tekstur. Jadi tidak hanya soal manis, asin dan gurih. Ada banyak sekali rasa yang perlu mereka coba. Belum lagi, anak-anak kerap membutuhkan waktu lebih soal terbiasa dengan rasa baru. Jadi, Anda jangan putus asa kalau di awal si kecil bilang tidak suka. Cobalah terus. 

Makan Lebih Dari 5 Warna Sehari 

Warna yang berbeda memberikan efek kesehatan yang berbeda. Untuk itu, usahakan agar si kecil makan makanan dengan 5 warna sehari. Biarkan mereka bersenang-senang dan bereksplorasi dengan rasa. Misalnya dengan buah dan sayur. Selain itu, sesekali ajaklah si kecil berkebun di rumah sambil mengajarkan mereka manfaat sayur dan herbal di sekitar Anda. 

Minum Air Putih 

Anda bisa menyemangati si kecil untuk banyak minum air putih dengan membelikan botol minuman lucu agar bisa dibawa kemana saja. Anda sesekali juga bisa membuatkan infused water atau jus. Minuman ini sangat cocok untuk si kecil yang selalu bergerak aktif. Saat mereka haus, mereka akan terbiasa minum minuman sehat ketimbang yang manis seperti soft drink. Jelaskan juga padanya kalau tubuh membutuhkan asupan air yang cukup agar bisa sehat dan tumbuh maksimal. 

Biasakan Sarapan 

anak terbiasa sarapan pagi karena orang tua membiasakannya. Karena hal ini sudah jadi rutinitas, maka hal ini akan terbawa sampai dewasa. Meskipun ini hanya pisang atau segelas susu formula, hal ini akan sangat baik untuk aktivitasnya di pagi hari. Mereka lebih mudah berkonsentrasi dan mudah mengontrol berat badan. 

Makan Di Meja Makan 

Ajarkan pada si kecil kalau ada saat bermain, belajar, dan makan. Terlebih di era sekarang. Anak kerap makan sambil menonton tv atau video. Kenapa hal ini penting? Ini untuk membiasakannya agar menikmati makanan dengan baik. Terlebih lagi, makan di meja makan bisa mengurangi waktu ngemil tidak sehat serta mengajari mereka table manner. 

Makan Pelan-pelan 

Makan pelan-pelan sangat penting. Ingatkan kalau dibutuhkan waktu sekitar 20 menit supaya makanan bisa masuk ke dalam perut. Makan secara perlahan-lahan membantu pencernaan, mengurangi resiko obesitas dan memberikan mereka waktu agar mengunyah dengan benar. 

Ajarkan Kalau Memasak Itu Menyenangkan 

Sering kali orangtua membedakan pekerjaan dapur dimana anak laki-laki tidak terlalu diajarkan hal ini. Padahal ini adalah basic skill yang harus dikuasai setiap anak, baik itu perempuan atau laki-laki. Anda bisa mengajak anak Anda untuk berkreasi di dapur dengan bahan yang mereka suka. Disamping mengajak mereka untuk mengenal berbagai masakan, ini akan mengajarkan teamwork yang baik.

Selain itu, pastikan Anda tidak mengajak si kecil ke restoran fast food terlalu sering agar kebiasaan buruk tidak terbentuk. Penting sekali bagi orang tua untuk memberikan contoh yang baik agar si kecil meniru kebiasaan Anda. Pada akhirnya ia akan tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. 

0 komentar:

Posting Komentar