Senin, 21 September 2020

5 Barang yang Dilarang Ekspor Berdasarkan Peraturan Pemerintah Indonesia


Tak hanya perusahaan saja yang bisa melakukan ekspor barang ke luar negeri, pelaku bisnis perseorangan pun bisa melakukan ekspansi pasar. Di era digital, kemudahan jual beli barang secara online sangat digandrungi generasi Millenial. Alasan kepraktisan membuat jasa ekspedisi overload permintaan. Tak hanya ekspedisi dalam negeri saja, jasa ekspor siap membantu pengembangan bisnis Anda ke mancanegara. 

Kenali Barang dan Pidana Pelanggaran Ekspor Impor

Sebelum Anda berniat mengembangkan bisnis semakin pesat, sebaiknya ketahui barang yang dilarang ekspor. Berdasarkan peraturan Permendag 44/2012 Pasal 2 ayat 1, berikut 5 barang yang masuk kategori tidak boleh diekspor ke luar negeri yaitu :

  1. Barang yang bisa mengancam keamanan sosial dan kepentingan umum mencakup aspek sosial, budaya dan moral. 
  2. HaKI (Hak atas Kekayaan Intelektual)
  3. Barang yang bisa melindungi kehidupan manusia dan kesehatan
  4. Barang yang merusak lingkungan hidup dan ekosistem kehidupan
  5. Barang yang tidak boleh diekspor berdasarkan perjanjian internasional dan kesepakatan bersama yang sudah diratifikasi pemerintah Indonesia. 

Contoh barang yang tidak boleh diekspor baik badan usaha atau perseorangan antara lain barang pertanian, perhutanan, industri, pertambangan, cagar budaya, dan sebagainya. Barang tersebut tidak boleh diekspor karena melanggar aturan, misalnya hasil rotan yang masih mentah atau karet yang tidak memenuhi standar mutu atau SNI. 

Orang-orang yang melanggar aturan dengan mengekspor barang yang dilarang ke luar negeri akan dikenai sanksi pidana dan administratif. Berdasarkan UU Perdagangan Republik Indonesia menyebutkan bahwa eksportir yang melanggar ketetapan pemerintah akan mendapatkan sanksi penjara paling lama 5 tahun, sedangkan denda administrasi paling banyak mencapai 5.000.000.000 atau 5 milyar rupiah. 

Barang yang dilarang impor berdasarkan peraturan pemerintah Indonesia

Tak hanya ekspor menggunakan jasa kirim luar negeri, importir juga bisa dikenai pidana jika melanggar ketetapan pemerintah. Ada beberapa aturan yang harus dipelajari seorang importir sebelum memutuskan kerja sama dengan pengusaha di luar negeri. Anda bisa mengecek daftar barang yang tidak boleh diimpor di situs resmi Kemendag RI. Berikut rincian barang yang tidak boleh diimpor dari luar negeri yaitu :

  1. Benda yang masuk kategori limbah bahan berbahaya dan beracun atau B3
  2. Udang spesies tertentu 
  3. Impor produk bekas berupa pakaian 
  4. Bahan yang bisa merusak lapisan ozon 
  5. Impor dan ekspor barang konsumen, sumber pengion, dan nuklir 

Bagi orang yang berusaha menyelundupkan barang baik ekspor atau impor ke luar negeri akan mendapatkan ancaman pidana dan sanksi administrasi seperti pencabutan ijin usaha. Jasa kirim ekspor luar negeri yang terpercaya tidak akan menerima paket barang yang melanggar aturan. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa paket yang dikirimkan ke pihak importir luar negeri aman dan sesuai peraturan pemerintah, ya!

0 komentar:

Posting Komentar