Rabu, 27 Februari 2019

Luka Terbuka Membuat Infeksi, Betulkah ?


Luka dapat terjadi kapanpun dan dimanapun. Hal itu dapat menimpa siapa saja baik orang dewasa ataupun anak kecil. Secara umum luka terbagi menjadi dua bagian besar yaitu luka luar tubuh ataupun luka di dalam tubuh. untuk kedua jenis luka tersebut ada penangan yang berbeda. Untuk luka di dalam tubuh, Anda harus mengobatinya di bawah pengawasan tenaga kesehatan. Karena luka dalam tubuh memiliki resiko yang lebih besar dari pada luar tubuh. obat yang digunakan pun merupakan obat oral atau injek yang dimasukkan ke dalam tubuh dengan dosis tertentu. Salah memberikan dosis akan membuat luka Anda tidak sembuh, juga akan menimbulkan penyakit atau luka pada daerah lainnya.

Untuk luka luar tubuh penanganannya jauh lebih mudah dan dapat dilakukan sendiri. Kunci utama menangani luka luar adalah menjaganya agar tidak infeksi. Karena jika terjadi infeksi butuh perawatan lebih lanjut menggunakan obat oral atau obat injeksi. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar mencegah luka infeksi.

1. Cuci luka dengan bersih. Luka merupakan bagian tubuh yang terbuka. Hal ini sangat rentan untuk dihinggapi oleh bakteri ataupun kuman. Jika luka dihinggapi bakteri bukan tidak mungkin bakteri tersebut menyebabkan infeksi. Bersihkan luka dengan air yang mengalir atau air hangat. Setelah itu pastikan bersihkan kembali luka Anda menggunakan alkohol. Sifat alkohol yang tajam dapat membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam luka. Alcohol dapat Anda peroleh di apotik. Anda dapat menggunakan alkohol 70% hingga 90%.

2. Pastikan luka tertutup. Setelah luka bersih pastikan luka Anda tertutup dengan rapat jika tidak luka tersebut akan sangat rentan dihinggapi kembali oleh kuman. Untuk menutup luka yang anda alami agar terhindar dari kuman dan bakteri yang bisa membahayakan anda, anda bisa menggunakan plester berkualitas dari Hansaplast yaitu plester hansaplast transparan. Jenis plester ini memiliki kelebihan selain kedap terhadap air, plaster ini juga tidak berwarna sehingga dapat menyamarkan luka yang Anda derita. Plester Hansaplast jenis ini sangat cocok untuk anda gunakan karena plester ini termasuk ke dalam jenis plester aqua protect yang mampu menahan air masuk kedalam luka. 

Dengan memperhatikan kedua hal tersebut maka infeksi pada luka Anda dapat diminimalisir. Semoga informasi ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar