Jumat, 07 Desember 2018

Keuntungan Dan Kerugian Jika Menyewa Rumah Kontrakan Tahunan


Melakukan migrasi atau mengambil keputusan untuk merantau ke kota atau ke negara orang banyak dilakukan masyarakat sekarang demi mengejar materi agar mampu memenuhi kebutuhan hidup yang semakin tinggi sekarang ini. kita bahkan menjadi bagian dari mereka yang memilih untuk bekerja dan berharap mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari kota atau bahkan negara orang. Pilihan ini bukan pilihan yang baru karena hampir semua orang memilih cara ini.

Kebanyakan merantau memang banyak dilakukan oleh masyarakat yang berasal dari kota. Pilihan ini banyak di pilih karena banyak masyarakat di kota yang menganggap kota lebih banyak memiliki peluang kerja karena ada banyak pembangunan dan industri yang dilakukan di kota. Sedangkan di Desa tidak terlalu banyak lapangan pekerjaan yang tersedia selain di bidang pertanian. Hal inilah yang menjadi alasan yang paling kuat yang menjadi pendorong masyarakat desa pindah ke Kota.

Di Kota di tempat perantauan tentu kita tidak dapat memiliki rumah tetap apalagi bagi kita yang baru menginjakkan kaki di Kota dan belum memiliki pekerjaan yang tetap dan penghasilan yang stabil. Untuk itu pilihan  yang kita miliki hanya mengontrak rumah atau memilih kos dengan harga sewa yang sesuai dengan kemampuan dan pendapatan yang kita miliki. Dan menemukan kontrakan di kota juga bukan hal yang sulit karena bisnis yang satu ini memang sangat berkembang di Kota.

Bisnis kontrakan rumah menjadi salah satu bisnis yang banyak ditekuni oleh masyarakat karena rumah kontrakan menjadi salah satu jasa sewa yang banyak dicari oleh para perantau. Tidak heran jika menemukan kontrakan di Kota bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Hampir di setiap sudut Kota ada kontrakan yang akan disewakan dan pilihan jenis sewa dan jenis rumah yang disewakan juga sangat beragam. Sehingga mudah saja memilih kontrakan sesuai dengan gaji yang kita miliki.

Beberapa pilihan sewa kontrakan yang disediakan biasanya ada yang menyewakan per bulan,  per tiga bulan, per enam bulan dan per tahun. Dengan tipe rumah yang ditawarkan juga sangat beragam mulai dari rumah yang paling sederhana dan rumah yang cukup mewah tergantung dengan nilai sewa yang ditawarkan. Bagi perantau baik itu untuk bekerja atau untuk menempuh pendidikan memilih rumah kontrakan tahunan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Rumah kontrakan pertahun banyak disewakan untuk satu rumah yang artinya dapat disewa dengan patungan beberapa orang sesuai dengan kapasitas rumah. Ini akan membuat kita lebih ringan untuk membayar uang sewa karena bisa kita gabung dengan teman. Bagi yang sudah berkeluarga juga ini pilihan yang tepat karena satu rumah yang disewakan maka akan lebih nyaman untuk dijadikan sebagai tempat tinggal bersama keluarga dibandingkan dengan kamar kos.

Karena untuk sewa tahunan ini diberikan untuk satu rumah dan bukan untuk satu kamar layaknya kos maka kita akan lebih bebas untuk menentukan apapun yang kita inginkan di rumah sewaan ini. bahkan kita bisa memasak dengan lebih nyaman karena dapur rumah ini tentu adalah dapur privat yang hanya bisa digunakan oleh kita dan teman kita yang kita ajak patungan membayar sewa. Bahkan bagi kita yang ingin menjalankan bisnis rumah kontrakan ini juga sangat membantu.

Tapi selain memberikan keuntungan seperti yang dijelaskan di dua paragraf di atas. memilih rumah kontrakan dengan biaya pertahun juga bisa memberikan kerugian jika kita tidaj hati-hati. Tidak hanya berbicara tentang biaya sewa yang sudah pasti sangat besar tapi kita juga berbicara tentang fakta lain yang banyak dialami oleh mereka yang telah memutuskan untuk memilih tinggal di rumah kontrakan dengan sewa tahunan.

Kerugian pertama yang biasanya akan dirasakan  oleh kita yang memilih rumah kontrakan per tahun adalah biaya listrik dan air menjadi tanggungan bagi kita. Ditambah jika ada kerusakan atau hal lainnya yang terjadi di rumah tersebut selama kita menyewa maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab untuk kita. Ini akan menjadi beban yang cukup berat untuk kita karena selain biaya sewa kita juga dibebani biaya listrik dan biaya air serta berbagai biaya lainnya.

Kerugian yang kedua, kondisi rumah yang biasanya tidak sebanding dengan kondisi rumah yang ditawarkan. Hal ini akan banyak terjadi jika kita menyewa rumah yang ada di lokasi strategi di kota besar. karena biaya sewa akan banyak didasarkan pada lokasi bukan berdasarkan kondisi rumah yang akan kita sewa. Dalam beberapa kasus hal ini tentu akan merugikan kita sebagai penyewa.


Baik keuntungan maupun kerugian sama-sama hal yang wajib kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menyewa rumah kontrakan dengan biasa sewa pertahun. Hal ini akan membantu kita untuk tidak merasakan penyesalan di kemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar