Selasa, 30 Oktober 2018

5 Kiat Praktis Merawat Mesin Cuci di Rumah


Pemakaian mesin cuci tidak bisa diprediksi kapan harus ganti. Kebanyakan orang hanya memakai mesin cuci hingga rusak. Bahkan tidak mengetahui cara tepat menggunakannya sehingga asal pakai saja. Tidak heran jika mesin cuci cepat rusak dan Anda harus service mesin cuci. Agar tetap tahan lama, berikut kiat merawat mesin cuci yang benar.

1. Jangan Memasukkan Pakaian Terlalu Banyak

Keinginan untuk selesai mencuci pasti ada. Apalagi aktivitas lain sudah menunggu dan Anda terpaksa berpindah ke aktivitas lain. Sehingga secara tidak sadar Anda memasukkan baju ke dalam mesin cuci terlalu banyak. Hal ini berakibat pada baju yang tidak bersih karena proses pencucian tidak maksimal. 

Selain kotoran yang ada pada pakaian akan terjebak dan menyebabkan baju Anda tidak akan tercuci dengan bersih, jangan boros air agar mesin cuci tidak cepat rusak. Anda harus mengenal kapasitas mesin cuci yang digunakan. Jika cucian Anda menumpuk setiap hari, ada baiknya Anda memilih mesin cuci berkapasitas  besar hingga 16 kg.

2. Jangan Menggunakan Deterjen Terlalu Banyak

Penggunakan deterjen membuat baju semakin bersih, namun jika penggunaannya terlalu banyak akan berakibat buruk pada mesin cuci. Anda harus pastikan selalu mengikuti petunjuk pemakaian deterjen yang tepat. Gunakan takaran jika masih ragu untuk menggunakannya. Deterjen yang terlalu banyak akan membuat kemampuan mesin cuci semakin menurun.

3. Sering Membersihkan Filter

Agar mesin cuci tetap awet dan hasil cuci tetap bersih, seringlah membersihkan filter yang ada dalam tabung mesin cuci Anda setidaknya dua hari sekali. Hal ini membantu untuk menjaga tabung tetap bersih dan pakaian terhindar dari kotoran yang tertampung pada filter. Keuntungan untuk Anda yaitu tidak perlu service mesin cuci terlalu sering.

Pada mesin cuci tertentu memiliki teknologi magic filter yang terdapat di bagian tengah drum. Posisinya yang tepat dan ukurannya besar sehingga mampu menyaring kotoran lebih efektif dan menahan agar tidak keluar lagi. Anda bisa dengan mudah membersihkan filter hingga proses pencucian selesai.

4. Jangan Meninggalkan Baju di Mesin Cuci

Ada kalanya Anda terlalu sibuk hingga lupa kalau sedang mencuci baju. Akibatnya, pakaian-pakaian Anda tertinggal di mesin cuci. Jika Anda meninggalkan baju di mesin cuci begitu saja dalam keadaan basah maupun kering dalam waktu lama, akibatnya baju Anda akan mengeluarkan bau tidak sedap (apek). Sehingga Anda harus mencuci ulang agar bau hilang. 

5. Setiap Pakaian Beda Setting

Setiap pakaian memiliki setting pencucian yang berbeda-beda. Agar lebih mudah gunakan setting 'reguler' atau 'automatic' untuk pakaian pada umumnya. Namun sekarang mesin cuci telah didesain untuk bisa diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan jenis baju. 

Setting yang benar juga akan membuat baju lebih tahan lama. Jenis-jenis setting misalnya setting air panas, bilas cepat, temperatur tinggi, dan lain-lain. Sebaiknya Anda menyesuaikan setting pencucian dengan jenis baju yang akan dicuci sehingga baju bisa dicuci dengan optimal.

Perawatan yang benar memang cukup sulit dilakukan. Jika mesin cuci Anda terlanjur rusak dan tidak berfungsi dengan baik, maka Anda bisa service mesin cuci dengan bantuan sejasa.com. Selain lebih praktis, cara penggunaan jasa ini sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi kebutuhan dan menunggu beberapa saat untuk diselesaikan. Anda juga bisa mendapat asuransi.

0 komentar:

Posting Komentar